Fungsi Dasar Pada Excel


 
SUM  

Berfungsi untuk menjumlahkan angka-angka pada beberapa cell
format penulisan SUM (cell, cell, cell, ....)
jika angka-angka tersebut berurutan dalam satu baris atau satu kolom format penulisan dapat dituliskan seperti ini SUM (cell awal : cell akhir)



AVERAGE

Berfungsi untuk mengambil nilai rata-rata beberapa cell
format penulisan AVERAGE (cell awal : cell akhir)
 jika angka-angka tersebut berurutan dalam satu baris atau satu kolom format penulisan dapat dituliskan seperti ini AVERAGE (cell awal : cell akhir)

 MAX


Fungsi MAX digunakan untuk menampilkan nilai atau angka maksimum (terbesar) yang terdapat dalam  suatu sel/range atau beberapa sel/range data. Bentuk penulisannya =MAX(number1, number2,...). Number dapat berupa angka/bilangan, sel/range yang berisi angka atau nilai logika .
jika angka-angka tersebut berurutan dalam satu baris atau satu kolom format penulisan dapat dituliskan seperti ini MAX (cell awal : cell akhir)

 MIN

 
Fungsi MIN digunakan untuk menampilkan nilai atau angka minumum (terkecil) yang terdapat dalam suatu sel/range atau beberapa sel/range data. Bentuk penulisannya =MIN(number1, number2,...) 
 Number dapat berupa angka/bilangan, sel/range yang berisi angka atau nilai logika .
jika angka-angka tersebut berurutan dalam satu baris atau satu kolom format penulisan dapat dituliskan seperti ini MIN (cell awal : cell akhir)

 COUNT

Fungsi COUNT digunakan untuk menghitung jumlah data tipe numerik yang akan terdapat dalam suatu range data. Bentuk penulisannya =COUNT(value1, value2,...). Value dapat berupa angka/bilangan, sel atau range yang berisi angka/bilangan atau nilai logika

COUNTA


Fungsi COUNTA digunakan untuk menghitung jumlah data (semua tipe) yang terdapat dalam suatu range data kecuali sel kosong. Bentuk penulisannya =COUNTA(value1, value2,...)

0 komentar:

Post a Comment