1. Filters items shown in the
Action toolbox : Digunakan untuk memilih type actionscript
2. Actions toolbox : kumpulan
actionscript yang sudah diatur letaknya menurut kategorinya.
3. Script navigator : digunakan
untuk menampilkan daftar hirarki frame, movie clips, dan button yang terdapat
actionscript didalamnya.
5. Add a new item to the script
: digunakan untuk menambah actionscript di script pane.
6. Find : digunakan untuk mencari
kata atau kalimat di dalam actionscript.
7. Insert a target path :
digunakan untuk mencari dan memasukkan target di script pane.
8. Check syntax : digunakan
untuk mencari tahu apakah script yang ditulis sudah benar.
9. Auto format : digunakan untuk
membuat script yang ditulis tersusun rapi.
10. Show code hint : digunakan
untuk menampilkan script apa saja yang dapat ditulis selanjutnya.
11. Debug options : digunakan
untuk memunculkan lingkaran merah di sebalah kiri baris script dan juga untuk
menghilangkannya.
12. Script assist : digunakan
untuk membantu anda dalam penulisan script.
13. Help : digunakan untuk
menampilkan panel help.
Actionscript terdiri dari 2 kata yaitu :
action (aksi) dan script (tulisan/naskah) yang berarti tulisan/naskah yang beraksi
=))
Actionscript adalah bahasa pemrograman
yang digunakan di Flash. Hingga saat ini sudah mencapai 3 versi.
Actionscript 1.0 (tahun 2000 – tahun
2003) mulai dipergunakan pada Flash 5 dengan minimal dimainkan di Flash Player
5
Actionscript 2.0 (tahun 2003 - tahun 2006)
mulai dipergunakan pada Flash MX 2004 dengan minimal dimainkan di Flash Player
7
Actionscript 3.0 (tahun 2006 sampai
sekarang) mulai dipergunakan pada Flash CS3 dengan minimal dimainkan di Flash
Player 9
Di Flash actionscript ditulis pada panel actions. Penulisan actionscript di panel actions dapat dilakukan pada 3 tempat yaitu
pada movie clip, button, dan frame. Ketiga buah tempat tadi memiliki
aturan penulisan yang berbeda.
1. Untuk menjalankan event pada button,
script pada button penulisannya diawali dengan on(){}
2. Untuk menjalankan event pada movie
clip, script pada movie clip penulisannya diawali dengan on(){} atau
onClipEvent(){}
3. Untuk menjalankan event pada frame,
script pada frame penulisannya diawali dengan onLoad=function(){} atau
onEnterFrame=function(){} atau onPress=function(){} atau
onRelease=function(){} dsb.
Ketiga cara penulisan script tersebut
memiliki kekurangan dan kelebihan. Kami lebih merekomendasikan menulis script
pada frame karena apabila terdapat kesalahan/error pada script yang anda
tulis anda dapat cepat memperbaikinya. Coba bandingkan apabila anda menulis
script pada movie clip atau button, jika sampai muncul kesalahan/error
pada script yang anda tulis, tentunya anda harus mengeceknya satu per satu mana
yang error.
Untuk mengecek apakah terdapat kesalahan
pada script yang anda tulis anda dapat menggunakan tombol Check syntax
pada panel actions. Ketika tombol Check syntax
ini ditekan, apabila script yang anda tulis terdapat kesalahan maka akan muncul
kotak dialog beserta panel output yang di dalamnya berisi
informasi kesalahan pada script anda. Apabila script yang anda tulis sudah
benar maka akan muncul kotak dialog bertuliskan This script contains no errors.
Seperti dalam kehidupan nyata tulisan
pada selembar kertas harus ditulis dengan rapi agar enak membacanya. Begitu
juga penulisan script, apabila kurang rapi penulisannya tentunya anda akan
tidak enak membacanya atau malah sampai bingung bagaimana membacanya. Untuk itu
di Flash sudah disediakan fasilitas untuk merapikan script yang anda
tulis. Caranya cukup mudah, apabila anda sudah yakin tidak ada error pada
script yang anda tulis, silahkan anda menekan tombol Auto format
pada panel actions. Jika anda menekan tombol tersebut
maka script yang tadinya penulisannya kurang rapi (ada yang terlalu kekanan,
ada yang terlalu banyak spasinya dsb) akan menjadi teratur dan rapi secara
otomatis.
Berikut ini beberapa actionscript yang
sering digunakan :
+
-
*
/
=
-=
+=
%=
*=
/=
!=
<
<=
==
>=
–
++
and
or
not
stop
play
gotoAndStop
gotoAndPlay
nextFrame
prevFrame
nextScene
prevScene
onClipEvent(){}
on(){}
trace
_x
_y
_xscale
_yscale
_visible
_height
_width
_alpha
_rotation
_currentframe
_xmouse
_ymouse
_totalframes
_quality
for
if
enabled
useHandCursor
getBytesLoaded
getBytesTotal
getURL
fscommand
loadMovie
unloadMovie
loadMovieNum
unloadMovieNum
setInterval
clearInterval
stopAllSounds
startDrag
stopDrag
hitTest
random
attachMovie
dupilateMovieClip
swapDepths
getNextHighestDepth
setMask
SharedObject
Sound constructor
attachSound
setVolume
start sound
stop sound
Variable
Array
Math
0 komentar:
Post a Comment