Obyek pada Visual Basic



Object merupakan suatu  kombinasi dari kode dan data yang dapat diperlakukan
sebagai satu kesatuan. Suatu object dapat merupakan bagian dari aplikasi seperti   suatu Control atau  suatu  Form.  Secara  keseluruhan  dari  aplikasi  dapat  juga  berupa  suatu  object.

Setiap object pada VB didefinisikan oleh suatu class.  Untuk memahami hubungan
antar object dengan class-nya. Kontrol-kontrol yang berada pada jendela Toolbox  pada VB merupakan class-class.  Object  tersebut  di  kenal  sebagai  kontrol.
Misalnya  anda  menamakan  sebuah   textbox  diatas form1,   coba   perhatikan   jendela properti  kontrol  tersebut   akan  menampilkan  text1  (nama  dari  kontrol  textbox  tersebut)  danTextbox (nama  dari  class  kontrol  tersebut)
Semua  object merupakan duplikasi dari class mereka. Sesaat setelah menjadi  object berdiri sendiri, masing-masing dapat memiliki properti yang berbeda-beda.
Object-object VB memiliki  properti-properti, metode-metode, dan event-event. Pada VB, suatu data dari object (setting dan attribut) disebut sebagai properti, sedangkan  berbagai subrutin  yang  dapat beroperasi pada object tersebut disebut sebagai  metodenya. Dan suatu event adalah aksi yang dikenali oleh suatu object, seperti click pada mouse atau penekanan tombol sehingga anda dapat menulis kode untuk menangani  event tersebut

0 komentar:

Post a Comment