Tugas dan Tanggung Jawab Admin Server

Bekerja sebagai admin server merupakan sebuah pekerjaan yang  menantang,  tidak  hanya  bertanggung  jawab  untuk membuat  server,  admin  server  dituntut  untuk  merawat server,  sehingga  bisa  hidup  dan  berkembang  seterusnya sesuai kebutuhan.
Admin  server  mempunyai  berbagai  tugas  dan  peranan penting di dalam pengelolaan jaringan. Tugas admin server, berbeda  di  antara  perusahaan  satu  dengan  yang  lainya.
Tugas  utamanya,  adalah  membangun,  mengelola  server, dan memperbaiki server. Admin  server  bekerja  sebaik  mungkin  untuk  membuat  server  berjalan  dengan lancar,  melakukan  perbaikian  terjadwal,  memastikan  keamanan  server,  juga membantu pekerja lainya untuk menjaga keadaan server tetap optimal.Tidak  hanya  bekerja  dengan  mesin,  admin  server  juga  harus  bekerja  sama
dengan pekerja lainya, supervisor, hingga pekerja teknik. Melakukan pemecahan masalah yang sedang terjadi, juga memberikian pelayanan pelanggan. Sehingga admin  server  juga  harus  bisa  menjelaskan  berbagai  hal  teknis  kepada  orang awam.


Selain menjaga yang sudah ada, admin server juga harus menambahkan software  atau  melakukan  update  untuk  terus  membuat  server  bekerja dengan  sempurna.  Menambahkan  pengguna,  melakukan  pembaharuan kata  sandi,  melakukan  backup  rutin,  mengadaptasi  teknologi  baru,  dan melakukan konfigurasi sesuai keadaan.

Apabila keadaan normal, maka biasanya ada rutin khusus di perusahaan tentang
apa yang harus dilakukan admin server,
1.  Mendatangi server, melihat aktifitas log, apakah ada yang mencurigakan.
2.  Apabila ada kecurigaan, maka dilakukan troubleshooting.
3.  Mengecek usia software yang digunakan, apakah ada update.
4.  Apabila ada update, lakukan backup terlebih dahulu, baru lakukan update.
5.  Melaukan  integrasi  dengan  teknologi  baru  jika  ada,  dan  melakukan konfigurasi untuk menyesuaikan keadaan perusahaan.
6.  Mengatur  pengguna,  menambah  pengguna  baru  atau  menghapus pengguna lama.

Admin  server  harus  bisa  menyesuaikan  keadaan,  melihat  kemampuan server  dan  mengoptimalkanya.  Melakukan  perbaikan,  mencari  masalah dengan server untuk membuatnya lebih baik, melakukan perbaruan software dan mengkonfigurasi ulang untuk server.
Admin  server  tidak  hanya  bekerja  sebagai  petugas  yang  berhubungan dengan  mesin,  tapi  juga  harus  bisa  bekerja  sama  dengan  pekerja  lainya, supervisor,  atau  bahkan  pekerja  non  teknis, atau  pelanggan  yang membutuhkan layanan.

Admin  server  dituntut  untuk  menyelesaikan  masalah  bagaimanapun  itu, dengan  cara  apapun,  yang  penting  server  berjalan  dengan  lancar  dan aman.  Cara  pemecahan  bisa  bermacam-macam,  namun  intinya  adalah penelusuran dalam bentuk piramid.Care  bentuk  piramid  melakukan  pengambilan  informasi  dari  dasar, sehingga  akar  permasalahan  bisa  dipecahkan  satu-persatu  hingga ketemu titik dimana terjadi kesalahan dan bagaimana memperbaikinya.

Cara yang paling akurat dan cepat adalah dengan mencatat setiap perubahan yang terjadi pada sistem, selain pertanggung-jawaban yang jelas, penelusuran kesalahan bisa dilakukan secara tepat, dan tidak membuang waktu menelusuri permasalahan dari bawah.

Dengan berbagai macam cara, admin server harus membuat server berjalan dengan optimal dengan update, mengatur konfigurasi paling optimal, menerapkan teknologi baru, sehingga server terus berkembang dan bisa sesuai dengan keinginan kita.

Tidak hanya saat keadaan mendesak, sebisa mungkin admin server membuat keadaan mendesak menghilang dengan mengantisipasinya jauh hari dengan melakukan pengecekan rutin.

0 komentar:

Post a Comment