Math berasal dari kata
Mathematics atau matematika, jadi objek Math adalah objek yang digunakan untuk menangani perhitungan matematis
yang rumit seperti fungsi
trigonometri, logaritma, integral, dan lain sebagainya.
Bentuk penulisan : Math.metode(nilai)
Metode Untuk Objek Math
Metode
|
Keterangan
|
abs(a)
|
Nilai absolut dari a
|
acos(a)
|
Nilai arc-kosinus dari a
|
asin(a)
|
Nilai arc-sinus dari a
|
atan(a)
|
Nilai arc-tan dari a
|
ceil(a)
|
Membulatkan nilai ke integer diatasnya
|
cos(a)
|
Nilai kosinus dari a
|
exp(a)
|
Nilai E pangkat a
|
log(a)
|
Nilai logaritma dari a
|
max(a,d)
|
Nilai terbesar dari a dan d
|
min(a,d)
|
Nilai terkecil dari a dan d
|
pow(a,d)
|
Nilai dari a pangkat d
|
random(a)
|
Nilai acak antara 0 dan 1
|
round(a)
|
Membulatkan nilai a ke integer terdekat
|
sqrt(a)
|
Nilai akar dari kuadrat a
|
sin(a)
|
Nilai sinus dari a
|
tan(a)
|
Nilai tangen dari a
|
Contoh
Program JavaScript
|
<HTML>
<HEAD>
<TITLE> LAtihan Objek Math></TITLE>
<BODY>
<h3>Latihan Dengan Objek Math</h3>
<SCRIPT LANGUAGE="JavaScript">
<!-- Begin
var a=10;
var b=5;
besar=Math.max(a,b);
document.write("antara " + a + " dan "+ b +" lebih besar "+besar+"<br>");
pangkat=Math.pow(b,a);
document.write(b+ " pangkat "+ a +" adalah "+pangkat+"<br>");
var ran;
ran = Math.round(Math.random()*50000);
document.write("Anda adalah pengunjung yang ke " + ran + ".<br>");
var akar;
akar =Math.sqrt(ran);
document.write ("Akar dari " + ran + " adalah "+akar);
// End -->
</SCRIPT>
</BODY>
</HTML>
|
0 komentar:
Post a Comment